Jungkat-Jungkit

Jungkat-Jungkit

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak hanya harus memperhatikan dirinya sendiri, tetapi juga manusia lain dan lingkungan sekitarnya. Interaksi antar manusia adalah salah satu faktor yang memperkaya kehidupan kita semua. Desain furniture karya Neulhae Cho yang bernama “Swingers” ini berangkat dari konsep tersebut: memadukan bangku taman dengan jungkat jungkit untuk mengundang interaksi yang menyenangkan antara dua orang yang (mungkin) tidak saling mengenal di ruang publik.

Jungkat-Jungkit 2

Jungkat-Jungkit 2

Desainnya sendiri sangat sederhana (meskipun saya yakin bahwa desain ini lahir dari pemikiran yang matang): sebuah bangku dengan dua tempat duduk bersebelahan dan bagian tengah yang melengkung. Jika ada orang yang duduk di salah satu sisi, dan kemudian diikuti orang lain yang duduk di sisi yang berlawanan, kedua orang itu akan mengaktifkan permainan jungkat jungkit.

Jungkat-Jungkit 3

Jungkat-Jungkit 3

Mungkin bangku seperti ini kurang cocok untuk mengisi ruang tamu Anda, tetapi akan sangat cocok untuk diletakkan di taman kompleks perumahan sehingga bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan antar tetangga.

Sumber: Architizer Blog » “Playing Seesaw” in Public Space