Rumah Peristirahatan Di Tepi Laut

Arsitektur tepi air (waterfront) selalu menarik untuk dibahas. Selain karena lokasi-lokasi yang mengagumkan, tanggapan desain bangunan terhadap lokasi tersebut juga bisa menjadi bahan perbincangan yang menyenangkan. Bangunan yang akan kita lihat kali ini didesain oleh Todd Verwers Architects untuk seorang konsulat Denmark dan istrinya sebagai rumah peristirahatan dan tempat untuk mengadakan acara-acara informal.

Lokasinya adalah area berkontur di tepi pantai California Utara yang memiliki pemandangan indah ke Samudra Pasifik. Berselimutkan pepohonan Redwood (Sequoia sempervirens), rumah ini memberikan perasaan intim dan hangat kepada penghuninya. Desainnya sendiri mengekspresikan penghargaan dan tanggapan terhadap cahaya, bahan bangunan, dan gaya hidup penghuninya.

Area ruang keluarga utama diletakkan menghadap pantai, dan didesain untuk memanfaatkan pemandangan yang ada secara maksimal dengan cara memberikan bukaan kaca yang luas sepanjang dinding. Efek yang didapat adalah perasaan seperti melayang di atas air.

Jendela-jendela besar lainnya diletakkan sepanjang dinding samping dan belakang bangunan untuk mendapatkan pemandangan ke pepohonan yang menaungi rumah. Pada area-area yang membutuhkan privasi, digunakan kaca panel yang tidak tembus pandang tetapi tetap mengijinkan cahaya untuk lewat.

Karena perbedaan lokasi geografis, jangan membandingkan pantai dimana rumah ini berada dengan pantai-pantai di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dan relatif lebih landai. Tentu saja tanggapan desain yang dihasilkan juga akan berbeda.

This is a unique website which will require a more modern browser to work!

Please upgrade today!