Rumah Pohon Modern Yang Tidak Dibangun Di Atas Pohon

Rumah pohon adalah impian kebanyakan anak laki-laki (dan ada juga perempuan) di masa kecil mereka. Konsep rumah di atas pohon yang bisa dijadikan tempat bermain pribadi – terpisah dari dunia orang dewasa, sangatlah keren. Beberapa orang membawa impian masa kecil mereka sampai dewasa. Proyek ini adalah salah satu contoh perwujudannya.

Proyek Banyan Drive Treehouse yang di desain oleh studio Rockefeller Partners Architects asal California ini menjadi tambahan yang unik dari bangunan utama yang sudah ada sebelumnya, yang terletak di Nichols Canyon – Hollywood Hills, Los Angeles, USA.

Meskipun diberi nama rumah pohon, bangunan mungil kontemporer ini tidak secara harafiah dibangun di atas pohon, tetapi terletak lebih tinggi dari pepohonan yang ada di sekitarnya sehingga bisa menjadi aksen yang langsung terlihat. Konsep desainnya meminjam beberapa ide dari bangunan utama, seperti misalnya bentuk atap yang menyerupai kupu-kupu.

Salah satu hal unik dari desain bangunan ini adalah kamar mandi – atau lebih tepat disebut sebagai ruang mandi, yang terletak di luar bangunan. Tepatnya di ujung tangga beton. Hal ini tentu saja akan sedikit mengejutkan orang-orang yang baru pertama kali mengunjungi rumah pohon ini. Tetapi karena banguan ini terletak di dalam lingkungan rumah utama, dimana halamannya merupakan area privat dari sang pemilik bangunan, pendekatan desain yang tidak biasa ini sepertinya sah-sah saja.

Sebagai penopang bangunan, digunakan struktur pipa baja yang dibentuk menyerupai dahan pohon yang bercabang-cabang.

Sementara kulit luar dan kulit dalam bangunan disusun dari kombinasi papan kayu cedar dan walnut yang memberikan tekstur dan tampilan modern yang terang dan indah – baik dari sisi interior maupun eksterior.

Ruang kerja yang mungil menghias pojok belakang bangunan dan ditutup dengan dinding kaca transparan sehingga memberikan pemandangan yang bebas ke luar bangunan.

Toilet – yang lebih sering dipergunakan – diletakkan di dalam bangunan, terpisah dari ruang mandi. Dan sekali lagi dari sudut pandang desain, sah-sah saja.

Banyak yang bisa kita pelajari dari desain bangunan ini. Salah satunya adalah cara memanfaatkan ruang yang sangat kecil untuk bisa menjadi ruang yang fungsional dan sekaligus indah. Selain itu, kita juga bisa belajar dari desain toilet dan ruang mandinya bahwa apa yang sudah diterima oleh masyarakat luas tidak selalu merupakan pakem yang harus ditaati tanpa kecuali.

Sumber: Decoist

This is a unique website which will require a more modern browser to work!

Please upgrade today!